Minggu, 18 Januari 2015

Danau Poso, Sulawesi Tengah


Danau Poso terletak di rute jalur utama dari Toraja di bagian Selatan, Gorontalo dan Manado di bagian Utara. Jaraknya sekira 283 km arah selatan Kota Palu dan 56 km dari Kota Poso. Danau Poso memiliki pemandangan menawan dengan perbukitan dan hutan yang memagarinya. Udara sejuk di kawasan ini pastinya akan membawa kesegaran pikiran dan perasaan. Amati bagaimana air danau ini yang sangat jernih meskipun terjadi banjir pada sungai-sungai yang bermuara ke danau ini. Bahkan ada yang menyebut airnya jernih danau ini adalah sepanjang masa meskipun saat musim hujan tidak membuat airnya menjadi keruh.

Selain itu, Danau Poso memiliki keunikan lain, yaitu airnya yang berada di tepi danau berwarna hijau  sedangkan di tengah danau berwarna biru. Di danau ini masyarakat setempat kadang melihat cahaya seperti lampu yang berpindah-pindah. Itu diyakini sebagai mata dari seekor naga penjaga Danau Poso.
Jika Anda seorang pecinta alam maka pastinya kunjungan ke Danau Poso menjadi pilihan yang menarik karena kawasan ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Saat cengkeh berbunga di bulan Juni hingga November maka akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh yang khas.

Selain mengundang wisatawan, danau ini juga telah menarik minat peneliti dan investor yang tertarik mengembangkan perikanan di tempat ini. Di Danau Poso hidup sejenis ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia. Di kawasan ini juga terdapat pelestarian tanaman angrek terbesar di Indonsia dimana salah satunya adalah angrek hitam.


Makanan khas Poso yang patut dicicipi adalah ikan sogili bakar atau belut air tawar. Selain disajikan dengan dibakar, ikan ini juga bisa disajikan dengan direbus dan digoreng. Akan tetapi, kebanyakan pengunjung dan masyarakat lokal lebih memilih dibakar karena rasanya terasa gurih dan renyah.  Bumbu yang digunakan untuk mengolah ikan sogili adalah rica-rica atau dabu-dabu dengan perasan jeruk nipis, tomat, dan bawang merah. Apabial disajikan seperti pecel lele maka kuliner ini disajikan dengan sayuran, sambal dan nasi hangat. Anda bisa menikmati sajian ikan ini hampir di banyak warung makan sekitar Dananu Poso atau Kota Tentena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar