Selasa, 02 Desember 2014

Bukit Bangkirai

Kiranya Bukit Bangkirai adalah tujuan wisata Anda kali ini. Lokasinya berada di Km 38, tepat di  Jalan Raya Soekarno-Hatta, Balikpapan-Samarinda. Inilah kawasan wisata alam berupa hutan alami yang masih asli seluas 1.500 hektar.
 
Bukan hanya ekowisata yang akan Anda nikmati tetapi sekaligus juga sarana pendidikan lingkungan dan kehutanan, termasuk kepedulian kepada flora dan fauna. Bukit Bangkirai merupakan kawasan yang berperan penting dalam mengembangkan hutan tropika basah di Kalimantan sebagai paru-paru Bumi. 
 
Di sini, Anda yang menyukai tantangan maka wajib mencoba meniti Jembatan Tajuk yang digantung (canopy bridge). Jembatan ini merupakan daya tarik tersendiri saat berkunjung ke Bukit Bangkirai. Rasakan sensasi berjalan di atas jembatan setinggi 30 meter. Jembatan Tajuk terbuat dari kabel, dasarnya papan dan berdinding jala-tali nilon di kiri dan kanannya. Ketinggian jembatan sekitar 30 meter dengan panjang 64 meter. Jembatan ini menghubungkan 5 pohon Bangkirai yang masing-masing jarak pohon satu dengan lainnya sekitar 10 hingga 15 meter.
 
Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksi jembatan tersebut dibuat di Amerika Serikat dengan standar keamanan bagi pengunjung. Dibangun tahun 1998, Jembatan Tajuk dirancang khusus dengan bahan kayu dan besi antikarat sehingga kuat 15 sampai 20 tahun.
 
Ada keanekaragaman alami yang dapat Anda nikmati di sini. Mulailah dengan melihat-lihat floranya terutama pohon bangkirai yang merupakan maskot utama tempat wisata ini. Lanjutkan menikmati koleksi beragam anggrek, yaitu: anggrek hitam, anggrek bintang, anggrek mata, anggrek tebu, anggrek berpijar, dan lainnya.
 
Langkahkan kaki Anda memasuki kebun buah-buahan di hutannya. Ada buah manggis, buah lai, buah rambai palembang, buah ramania, buah mentega, , serta buah kalangkala. 
 
Mengapa tidak Anda turut serta dalam Program Tanaman Memorial yang merupakan bentuk kepedulian pengunjung dengan menanam di areal yang telah disediakan oleh Pengelola Kawasan Bukit Bangkirai. Tanaman ini bisa Anda kunjungi kembali bila kembali ke tempat ini suatu hari nanti.
 
Menikmati keanekaragaman fauna di Bukit Bangkirai adalah atraksi yang berkesan. Anda dapat mengamati beragam jenis burung di sini. Ada sekitar 113 jenis burung yang menjadikan tempat ini sebagai rumah atau tempat singgahnya. Diantara jenis burung tersebut adalah: punai, kirik-kirik biru, kacep, murai batu, sepah, dan lainnya. Fauna lainnya yang hidup di sini adalah beruang madu, owa-owa, beruk, lutung merah, monyet ekor panjang, babi hutan, bajing terbang, serta penangkaran rusa sambar.
 
Jalur Treking yang berupa jalan setapak merupakan sarana  berpetualang secara aman di alam liar untuk menjelajahi kawasan Hutan Bangkirai. Jalur Treking ini meliputi 7 Trek yang panjangnya 150 meter hingga 6 km. Jungle Adventure ini dilengkapi fasilitas untuk mengamati flora dan fauna.
 
Hidangan lokal berbahan sea food adalah yang umum dikenal di Balikpapan. Kepiting bakar saus lada hitam dan kepiting soka goreng dengan saus sambal pedas patut Anda coba rasakan nikmatnya. Kepiting Soka adalah kepiting kulit lembut sehingga Anda dapat memakan kulitnya. Kepiting ini disajikan dengan dilapisi tepung, telur, gula, bawang putih, lada dan garam sebelum di goreng. Air kelapa segar adalah minuman penutup hidangan kepiting tersebut. Masyarakat setempat percaya bahwa air kelapa akan menyeimbangkan kadar kolestrol. Beberapa restoran sea food terkenal yang menyediakan jenis makanan ini adalah adalah Dandito, Kenari atau Bonting. Hidangan laut lainnya adalah pepes patin dan ikan laut bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar