Selasa, 16 September 2014

Keistimewaan Buah Tin dan Manfaatnya

    Apa Itu Tin ?


  Buah Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig).
     Pohon tin adalah salah satu dari dua pohon keramat dalam Islam. Di jelaskan dalam Al Qur'an, yaitu dalam Surah At-Tin (khususnya ayat 1) bahwa Allah SWT bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini. Allah bersumpah demi buah tin yaitu untuk mengingatkan keistimewaan dan tempat tumbuhnya pada waktu itu di Sinai dan Palestina serta mengingatkan disekitar ini pula dilahirkan dan dikuburkan beberapa nabi.

Manfaat Buah Tin :

  1. Kandungan pektin pada buah tin dapat mencegah terjadinya penyakit kolestrol. ketika serat ini melewati saluran pencernaan, maka kandungan pektin dapat mencegah zat-zat penyebab kolestrol dan membawanya keluar dari darah.
  2. Serat yang terkandung dalam buah tin dapat memperlambat proses penyerapan glukosa dalam usus kecil, gabungan antara fruktosa dapat mengontrol kandungan gula dalam darah.
  3. Buah tin dapat dijadikan sebagai pengganti susu untuk pemenuhan kalsium dalam tubuh, karena buah tin kaya akan kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.
  4. Buah tin dapat menyembuhkan jerawat yakni dengan cara makan buah tin atau dengan cara mengahluskan buah tin ini kemudian oleskan pada wajah yang  berjerawat.
  5. Daun buah tin dapat menurunkan kandungan trigliserida. trigliserida sendiri merupakan kandungan lemak dalam darah
  6. Buah tin/ara yang manis dapat dioleh sebagai bahan makanan, di luar negeri buah ini merupakan favorit yang biasanya digunakan sebagai pengganti gula saat membuat roti atau kue tart.
  7. Buah tin mengandung zat-zat aktif yang dapat digunakan sebagai antibiotik untuk membersihkan luka yakni dengan cara melumuri daerah yang luka dengan buah tin yang sudah dihaluskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar