Minggu, 21 September 2014

Penggolongan Materi (Unsur, Senyawa dan Campuran)

 Penggolongan Materi


A. Unsur

    Unsur merupakan zat murni yang tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia ( bukan reaksi nuklir). Contoh : Hidrogen, oksigen, emes, perak, karbon, dll. Unsur-unsur di alam ini sangat banyak. Sampai saat ini , para ilmuan berhasil menemukan dan mengodentifikasi kurang lebih 166 unsur. 90 buah diantaranya merupakan unsur yan ada di alam dan sisanya merupakan unsur buatan.

     Setiap materi atau zat tersusun atas unsur-unsur. Contohnya lihat charta berikut : 


     Tabel Periodik Unsur :

Nama Unsur dan Lambangnya

B. Senyawa
     
    Senyawa adalah gabungan beberapa unsur yang terbentuk melalui eaksi kimia. Senyawa meupakan zat murni yang masih dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana (unsur-unsur penyusunnya) melalui reaksi kimia biasa. Contohnya adalah H2O atau air (gabungan dari unsur hidrogen dan oksigen, NaCl (gabungan dari unsur natrium dan klorin). Selain itu terdapat juga senyawa-senyawa lain di bumi ini, antara lain adalah karbon dioksida, etanol, asam klorida, dll

Nama Senyawa dan Rumus Kimianya
Nama Senyawa dan Rumus Kimianya

C. Campuran
     
     Campuran merupakan salah satu jenis dari materi atau zat. Di samping zat murni (unsur dan senyawa), campuran juga merupakan zat yang terdiri dari dua atau lebih zat yang tergabung tanpa melalui reaksi kimia. zat-zat dalam campuran biasanya tidak tetap. Contoh campuran dalam kehidupan sehari-hari adalah udara, tanah, makanan, air laut, air danau, air sungai, dsb.
      Udara merupakan campuran dari bermacam-macam unsur, senyawa, dan berbagai macam zat lain. Unsur-unsur yang terdapat di udara antara lain oksigen, hidrogen, nitrogen, dll. sedangkan senyawa yang terdapat di udara antara lain uap air, karbondioksida, karbon monoksida, amonia, dll. Selain itu di udara juga terdapat asap, debu, dan berbagai genis mikroorganisme contohnya bakteri dan virus.

Contoh Campuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar