Rabu, 12 November 2014

Indahnya Pulau Kadidiri (Indonesia Kaya)

Pulau Kadidiri adalah sebuah pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Pantai pasir putih yang sangat bersih dan laut yang sangat jernih dengan biota lautnya yang berjumlah lebih dari 200 macam merupakan daya tarik bagi turis-turis asing.
Walaupun terdapat beberapa guest house/motel dengan tarif yang relatif sangat murah, namun wisata di Pulau Kadidiri memiliki kendala jarak. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung harus menggunakan speed boat selama 2 jam dari Kota Ampana-Tojo Una-Una, sehingga pulau ini hanya banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Taman bawah laut Kadidiri adalah salah satu yang terindah di lautan Sulawesi selain Bunaken, tentunya masih terjaga kelestariannya.  Di Pulau ini, berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan dapat dilakukan seperti berenang, berlayar, menyelam, memancing, berjemur di sepanjang pantai, trekking hutan tropis, dan lain sebagainya.

Hanya berjarak sekitar 5 meter saja dari bibir pantai, keindahan bawah laut Pulau Kadidiri yang penuh dengan terumbu karang yang cantik sudah dapat memanjakan mata. Bahkan tanpa alat snorkeling atau diving, eksotisme terumbu karang yang masih apik terjaga tersebut tampak jelas di bawah air yang sejernih kristal. Untuk pemandangan yang lebih luar biasa, tentu perlu menyelami taman sekitar Pulau Kadidiri lebih dalam lagi. Bersiaplah menyaksikan beragam warna terumbu karang, ikan beragam jenis corak dan warna, hiu, penyu, dan pesona bawah laut lainnya.

Selain di Pulau Kadidiri, pulau-pulau terdekat dengannya juga memiliki potensi wisata yang memikat. Jangan lupa bekali diri dengan perlengkapan snorkeling atau diving, sunblock, kamera under water, dan makanan saat menjelajahi kecantikan di sekitar pulau terpencil ini. Beberapa titik penyelaman yang terkenal salah satunya terletak di Pulau Taipi yang berjarak sekira 4 kilometer dari Kadidiri. Pulau ini memiliki pesona taman bawah laut yang luar biasa cantik dan untuk mencapainya dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat.

Keindahan alam bahari yang didukung latar belakang sejarah merupakan nilai tambah bagi sebuah tujuan wisata. Sekira 16 km dari Pulau Kadidiri ke arah timur laut, tersimpan apik sebuah bukti sejarah Perang Dunia II, yaitu puing pesawat pembom milik sekutu: pesawat B 24. Puing pesawat berusia puluhan tahun ini otomatis menjadi tempat bagi beragam terumbu karang dan biota laut lainnya untuk bermukim. Menjelajahi tiap sudut bangkai pesawat bawah laut tentu menjadi pengalaman yang mengesankan.

Apabila ingin memancing, mintalah guide untuk mengantar ke Kundurang. Selain terkenal memiliki gradasi warna air laut yang memikat, kejernihan airnya akan menampilkan pesona batu karang meski tanpa menyelam. Kundurang memang terkenal sebagai lokasi pemancingan ikan laut.

Kunjungi juga Pulau Una-Una, satu-satunya pulau di kawasan Togean yang pesisirnya berpasir hitam serta memiliki titik penyelaman yang menawan. Selain wisata bahari, di pulau ini terdapat Gunung Colo setinggi 2.509 meter dan merupakan gunung api yang masih aktif. Di tempat ini akan Anda temui pasir di sepanjang pesisir pantai yang berwarna hitam.

Apabila Anda berhasrat untuk berinterkasi dengan masyarakat di sekitar kawasan ini maka Pulau Batudaka dapat menjadi tujuan selanjutnya. Pulau ini memiliki hutan bakau dengan pemandangan alam yang memikat serta merupakan pulau terbesar dari sekira 60 pulau di kawasan Taman Nasional Togean. Di pulau ini tepatnya di Desa Bomba bermukim masyarakat Togean. Keindahan alam dan nuansa pemukiman yang tidak biasa adalah suguhan wisata yang tidak ada di tempat lain. Pilihan lain adalah berinteraksi lebih dekat dengan kehidupan Suku Bajo di Pulau Siatu. Suku Bajo sendiri dikenal sebagai manusia laut.

Selain kegiatan tersebut di atas, bagi Anda yang gemar menjelajahi hutan maka Pulau Kadidiri memiliki hutan tropis yang kaya dan subur. Trekking ke dalam hutan dapat dijadikan agenda selanjutnya sambil menyaksikan burung-burung cantik penuh warna serta beragam flora dan fauna khas Sulawesi lainnya.

Ada cottage yang dapat memenuhi kebutuhan penginapan di  Black Marlin (menengah), dan Kadidiri Paradise (mewah).

Black Marlin adalah cottage yang terbuat dari kayu milik seorang berkebangsaan Inggris. Apabila memiliki uang lebih, cottage ini dapat menjadi pilihan tempat menginap yang lebih nyaman. Pondok ini juga menyediakan makanan tiga kali sehari untuk tamunya. Tarif per malam mulai dari Rp200.000,-.

Kadidiri Paradise Resort adalah akomodasi yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati sedikit kemewahan di sebuah pulau terpencil di kawasan Togean. Bungalo di Kadidiri Paradise terbilang mewah dengan sebuah dek dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan menawan di sekitarnya.

Sarana akomodasi ini juga menyediakan trip perahu dalam kegiatan snorkeling bagi pengunjungnya. Kebutuhan alat dan perlengkapan selam juga tersedia di ketiga cottage tersebut dengan pembayarannya dapat menggunakan kartu kredit. Tarif per malam sudah termasuk makan tiga kali sehari dimana menu utama sebagian besar berupa ikan atau seafood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar