Selasa, 11 November 2014

Olahraga 'Ice Skating'

     Ice skating merupakan permainan olahraga di atas es menggunakan sepatu luncur es. Ice skating ini bisa dilakukan di arena indoor, outdoor, atau di atas sungai atau danau yang membeku saat musim dingin. Berikut ini berbagai informasi mengenai permainan olahraga ice skating.

- Sejarah sepatu luncur es

Seperti dilangsir dari laman en.wikipedia.org, sepatu luncur es sudah ada sejak lebih dari 3.000 tahun yang lalu Ladies. Sepatu luncur yang digunakan pada masa tersebut adalah tulang yang ditajamkan dan diratakan, kemudian dipasangkan di bawah alas kaki. Sepatu luncur tersebut meluncur di atas es, tidak seperti sepatu luncur es modern yang memotong sedikit permukaan es.
Sepatu luncur yang memotong sedikit permukaan es dikembangkan pada abad ke-13 atau ke-14. Bahan sepatu tersebut adalah baja. Sepatu luncur yang bagian pisaunya menempel secara permanen pertama kali digunakan pada abad ke-18. Model sepatu tersebut masih digunakan hingga saat ini.
- Sejarah kompetisi ice skating
Selain digunakan untuk sarana olahraga biasa, ice skating juga digunakan sebagai ajang berbagai kompetisi Ladies. Tidak diketahui dengan pasti pada tahun berapa kompetisi ice skating pertama kali diselenggarakan, tapi pada awal abad ke-19, berbagai berita tentang kompetisi ice skating telah banyak beredar.
Para pemenang kompetisi ice skating lokal diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi ice skating dalam skala yang lebih besar. Kompetisi yang dilombakan adalah kompetisi balap atau biasa disebut speed skating.
Kompetisi ice skating dalam skala yang lebih besar lagi diselenggarakan pada tahun 1879. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh asosiasi ice skating di negara Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar