Rabu, 12 November 2014

Pulau Sempu, Malang (Indonesia Kaya)

Berada sejauh 80 km dari Kota Malang atau sekira 180 km dari Surabaya, ibu kota Jawa Timur, cara terbaik untuk mencapai Pulau Sempu adalah dengan menyewa mobil atau mengatur paket perjalanan. Perjalanan dari Surabaya ke Kota Malang akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Dari pusat Kota Malang, masih dibutuhkan sekira 2 hingga 3 jam lagi sebelum Anda tiba di Pantai Sendang Biru, yaitu itik keberangkatan terdekat menuju Pulau Sempu. Dari Pantai Sendang Biru, Anda perlu menyewa perahu yang akan membawa ke Pulau Sempu. Lebih baik lagi apabila Anda menghubungi Pos Cagar Alam Pulau Sempu di Sendang Biru untuk mendapatkan panduan ke Pulau Sempu. Tarif sewa perahu sekira Rp100.000,- dengan daya tampung hingga 10 orang. Pastikan Anda menentukan jadwal penjemputan atau mintalah nomor ponsel tukang perahu untuk menjemput pulang.

Ada dua alternatif jalur yang dapat Anda ambil dari Malang ke Sendang Biru. Pertama adalah mengambil jalur antar kota Malang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu. Kedua adalah Malang-Kepanjen-Gondanglegi-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sendang Biru-Pulau Sempu. Kondisi jalan dari Malang ke Turen dalam kondisi relatif baik dengan banyak tanda-tanda penunjuk arah yang mengarah ke Sendang Biru. Dari Turen ke Sendang Biru jalanan relatif lebih sempit dan sedikit turun naik, beberapa jalan tidak dalam kondisi sempurna, terutama jalan yang mendekati daerah pantai.

Pulau Sempu memiliki tempat-tempat menarik lainnya yang menawarkan kemegahan alam yang memesona. Di antaranya adalah Pantai Waru-waru, Telaga Lele (sebuah danau air tawar yang dinamai sesuai dengan ikan yang banyak menghuni danau tersebut, yaitu ikan lele), Tiger Cave, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, Pantai Fresh Water (dinamai berdasarkan adanya sumber mata air segar di bebatuan dekat pantai), dan Telaga Sat.

Berkemah adalah satu-satunya pilihan yang tersedia apabila Anda ingin bermalam di Pulau Sempu. Pulau terpencil yang merupakan daerah cagar alam memang sengaja tidak menyediakan bentuk fasilitas wisata apapun. Apabila Anda memutuskan ingin kemping di kawasan cagar alam maka pastikan untuk terlebih dahulu mendaftar di pos cagar alam.

Tentunya siapkan pula segala kebutuhan logistik yang diperlukan dan peralatan berkemah lainnya. Berhati-hatilah terhadap barang bawaan dan persediaan makanan karena kadang-kadang terdapat sejumlah monyet yang berkeliaran di sekitar tenda untuk mencari makanan.

Jika Anda mencari hotel atau akomodasi lain dengan fasilitasnya yang lengkap, tempat terdekat untuk mendapatkannya adalah di Kota Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar